Merancang Produk/Jasa Layanan dan Strategi Pemasaran

Instructor
admin
31 Students enrolled
0
0 reviews
  • Description
  • Curriculum
  • Reviews
manfaat-desain-produk

OUTLINE

1. Mengidentifikasi peraturan yang berlaku

  • Mengidentifikasi usaha-usaha yang dibolehkan sesuai dengan ketentuan.
  • Mengidentifikasi peraturan perundang-undangan yang terkait dengan produk/jasa dan pemasaran.

2. Menganalisis potensi pasar

  • Mengidentifikasi potensi wilayah sesuai dengan segmentasi pasar.
  • Menetapkan aspek demografi yang akan dianalisis
  • Memilih metode analisis dan pengumpulan data yang akan digunakan.
  • Merancang instrumen pengumpulan data dengan saksama.
  • Melakukan pengumpulan data dengan menggunakan metode yang telah dipilih.
  • Menganalisis hasil pengumpulan data dengan menggunakan metode analisis yang telah dipilih.

3. Menganalisis persaingan pasar

  • Mengidentifikasi pesaing dari industri sejenis.
  • Mengidentifikasi produk/jasa layanan pesaing.
  • Menganalisis minat masyarakat terhadap produk/jasa layanan pesaing.

4. Merancang skema produk/jasa layanan

  • Mengidentifikasi ketentuan yang berlaku terkait dengan produk/jasa layanan.
  • Mengidentifikasi Risiko produk/jasa layanan.
  • Menetapkan target pasar.
  • Merumuskan keunggulan kompetitif.
  • Merancang produk/jasa layanan dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Merancang kelayakan produk/jasa layanan yang telah diuji coba.

5. Merancang program pemasaran

  • Mengidentifikasi efektifitas strategi-strategi pemasaran untuk menentukan pilihan.
  • Memilih strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan produk/jasa layanan yang telah dirancang.
  • Membuat rancangan biaya pemasaran sesuai dengan kemampuan keuangan BPR.
  • Membuat rancangan program pemasaran.
  • Mendokumentasikan Rancangan program pemasaran yang telah dibuat.

 


Source :  Certif – Lembaga sertifikasi Profesi Lembaga Keuangna Mikro (type file .pdf)

Scroll to Top