Merancang Produk/Jasa Layanan dan Strategi Pemasaran
- Description
- Curriculum
- Reviews
OUTLINE
1. Mengidentifikasi peraturan yang berlaku
- Mengidentifikasi usaha-usaha yang dibolehkan sesuai dengan ketentuan.
- Mengidentifikasi peraturan perundang-undangan yang terkait dengan produk/jasa dan pemasaran.
2. Menganalisis potensi pasar
- Mengidentifikasi potensi wilayah sesuai dengan segmentasi pasar.
- Menetapkan aspek demografi yang akan dianalisis
- Memilih metode analisis dan pengumpulan data yang akan digunakan.
- Merancang instrumen pengumpulan data dengan saksama.
- Melakukan pengumpulan data dengan menggunakan metode yang telah dipilih.
- Menganalisis hasil pengumpulan data dengan menggunakan metode analisis yang telah dipilih.
3. Menganalisis persaingan pasar
- Mengidentifikasi pesaing dari industri sejenis.
- Mengidentifikasi produk/jasa layanan pesaing.
- Menganalisis minat masyarakat terhadap produk/jasa layanan pesaing.
4. Merancang skema produk/jasa layanan
- Mengidentifikasi ketentuan yang berlaku terkait dengan produk/jasa layanan.
- Mengidentifikasi Risiko produk/jasa layanan.
- Menetapkan target pasar.
- Merumuskan keunggulan kompetitif.
- Merancang produk/jasa layanan dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Merancang kelayakan produk/jasa layanan yang telah diuji coba.
5. Merancang program pemasaran
- Mengidentifikasi efektifitas strategi-strategi pemasaran untuk menentukan pilihan.
- Memilih strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan produk/jasa layanan yang telah dirancang.
- Membuat rancangan biaya pemasaran sesuai dengan kemampuan keuangan BPR.
- Membuat rancangan program pemasaran.
- Mendokumentasikan Rancangan program pemasaran yang telah dibuat.
Source :Â Certif – Lembaga sertifikasi Profesi Lembaga Keuangna Mikro (type file .pdf)
Mengidentifikasi Peraturan dan Ketentuan Terkait dengan Pemasaran Produk
Metode Analis dan Pengumpulan Data
Mengidentifikasi Pesaing dan Industri Sejenis
Risiko Produk & Aktivitas Baru
Please, login to leave a review